Kamis, 06 Oktober 2011

Pengaruh Letak Geografis dan Astronomis Indonesia (Ilsos)

Pengaruh letak Geografis dan astronomis Indonesia

terhadap:

a. suhu: Karena Indonesia terletak di daerah garis katulistiwa maka Indonesia hamper selalu memiliki suhu yang tinggi karena sepanjang tahun selalu kena matahari

b. Cuaca: Karena suhu di Indonesia tidak berubah-rubah maka rata-rata suhu hamper selalu sama sehingga cuaca di Indonesia tidak terlalu berbeda-beda.

c. Iklim: Karena Indonesia diapit dua benua, menyebabkan Indonesia mengalami perubahan musim setiap enam bulan sekali. Hal ini menyebabkan curah hujan yang tinggi di Indonesia, sehingga Indonesia termasuk wilayah tropis (curah hujan tinggi)

d. Musim: Letak geografis Indonesia yang berada di antara Asia dan Australia telah mempengaruhi keadaan musim di Indonesia, yaitu musim hujan, kemarau, dan pancaroba.

e. Flora: Karena Indonesia memiliki lautan dan juga pegunungan jadi Indonesia memiliki 10% lebih jenis-jenis tanaman di dunia.

f. Fauna: Karena dulu wilayah Indonesia tergabung dengan Asia, juga ada yang dengan Australia, maka fauna di Indonesia campuran dari fauna asia dan Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar